Jumat, 19 Oktober 2012

10 Alat Musik Terunik di Dunia

1. Shamisen

Alat musik asal jepang ini memiliki tiga buah senar dan dipetik menggunakan bachi. Shamisen kualitas tinggi memiliki kulit pelapis yang didapat dari perut kucing betina yang belum kawin. Sedangkan untuk kualitas yang biasa saja pelapisnya terbuat dari kulit punggung anjing.




2. Angklung

Alat musik unik yang berasal dari daerah masyarakat Sunda, Indonesia ini terbuat dari susunan bambu yang menghasilkan nada ganda (multitonal). Diperkirakan sudah ada dari abad ke-12 sampai abad ke-16. Angklung adalah alat musik yand digunakan sebagai penyemangat perang oleh kerajaan Sunda pada abad tersebut. Dan karena fungsinya itu, permainan angklung kerap digunakan ketika masa penjajahan Belanda. Belanda lalu melarang permainan angklung di masyarakat hingga berimbas menurunnya popularitas angklung di masyarakat.



3. Kalimba

Kalimba atau disebut juga thumb piano (piano jempol) adalah alat musik jenis perkusi versi modern dari alat musik tradisional afrika, mbira.



4. The Sea Organ

Ini adalah alat musik raksasa yang bunyinya berasal dari angin laut. Dibangun dibibir pantai di Zadar, daerah persisi Kroasia. Lebar alat musik ini 70 meter. Didalamnya ditanam susunan pipa sebanyak 35 buah sebagai penghasil suara.



Diciptakan oleh Nikola Basic, pemenang penghargaan di bidang arsitektur pada tahun 2005.

5.  Harp Guitar

Alat ini meskipun jarang ditemui sebenarnya sudah ditemukan semenjak 2000 tahun yang lalu. Perpaduan antara gitar akustik dan harpa.


6. Alphorn

Tidak sesuai dengan namanya, terompet raksasa ini terbuat dari kayu, bukan tanduk. Lagipula hewan apa yang punya tanduk segede ini.


7. Uilleann Pipes

Yang satu ini adalah alat musik tradisional irlandia. Alat ini tidak dimainkan dengan cara ditiup, tapi dengan cara menekan kantung khusus untuk meniupkan udara ke dalam pipa.


8. Ocarina

Konon sudah ditemukan sejak 12000 tahun yang lalu. Ocarina adalah alat musik tiup dengan suara yang khas, klasik dan karismatik. yang berasal dari China. Pada awalnya benda ini hanya bisa memainkan sedikit nada sehingga dicap sebagai alat musik khusus anak-anak. Hingga akhirnya disempurnakan di Eropa pada pertengahan abad ke-19


9. Aeolian Wind Harp

Ini adalah harpa yang dimainkan oleh angin. Bentuknya pun bermacam-macam. Penasaran dengan suaranya? Dengarkan saja di video bawah.



10. Sasando Rote

Alat musik khas dari Rote di NTT, Indonesia. Berbentuk seperti harpa melingkar yang sangat unik. Pemain alat musik ini bisa dibilang sudah sangat langka di Indonesia sendiri



sumber : http://www.idbite.com/artikel/179/10-alat-musik-terunik-di-dunia

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More