Rabu, 20 Februari 2013

Piano


Belajar Piano

Ada banyak alasan untuk belajar piano. Piano adalah salah satu instrumen yang paling bervariasi di musik Barat. Seorang pemain piano dapat memainkan hampir semua gaya musik. Piano memiliki rentang yang tinggi. piano dapat dimainkan di musik klasik, pop, rock, jazz, blues dan lagu rohani, dan bahkan lebih banyak lagi.
Piano adalah polifonik, memberikan kekayaan yang yang lebih daripada instrumen lain. Dengan “polifonik,” berarti Anda bisa bermain lebih dari satu not piano dalam waktu bersamaan. Dalam musik piano tingkat lanjut, pemain lebih sering memainkan chord piano daripada not piano tunggal. Walaupun musik yang ditulis untuk pemain pemula tidak dapat menggunakan chord piano untuk masing-masing tangan, musik pemula masih ditulis untuk masing-masing tangan untuk menciptakan musik independen dan harmoni. Dua suara piano, satu untuk tangan kanan dan satu untuk kiri, membawa kompleksitas suara yang tidak mungkin dicapai instrumen lainnya.

Piano dapat dimainkan sebagai instrumen solo, atau untuk menemani suara atau instrumen lain, atau sebagai bagian dari sebuah band atau orkestra. Jadi berkaitan dengan pengaturan dan orkestrasi, piano sangat serbaguna dibanding dengan instrumen musik yang lain. Jika seseorang telah cukup lama belajar piano, dan latihan yang memadai maka hampir bisa dipastikan bahwa ia akan bisa memainkan musik apapun.
Belajar piano melatih musisi pemula dengan cara yang tidak bisa dilakukan instrumen lain. Piano membutuhkan ketangkasan, karena pianis perlu untuk dapat menggunakan setiap jari dari kedua tangan secara independen. Bahkan belajar piano untuk pemula butuh untuk bisa membaca baik treble clef dan bass clef secara bersamaan. Selain itu, bekerja dengan chord dan dua suara berbeda yang dimainkan oleh dua tangan yang berbeda mengarah ke pemahaman tentang teori musik dan konstruksi chord yang kebanyakan tidak dipunyai instrumen lain.
Tentu saja, ada kekurangan yang signifikan untuk memilih piano. Piano sangat besar, berat dan sulit untuk dipindahkan. Sedangkan pemain biola bisa mengambil instrumen dan membawanya, pianis tidak dapat melakukan perjalanan dengan pianonya. Bahkan harga piano bekas bisa sangat mahal. Sulit untuk menempatkan piano yang sangat besar, bahkan ukuran piano terkecil pun tidak muat untuk rumah ukuran kecil maupun apartemen yang kecil.
Keyboard elektronik dapat menawarkan alternatif untuk piano akustik. Kecil, portabel dan relatif murah,keyboard elektronik dapat menjadi sarana bagi siswa untuk melalui fase belajar piano untuk pemula danbelajar fingering yang tepat dan cara membaca musik. Meskipun mereka tidak memiliki kualitas suara sebaik piano, keyboard bisa menjadi pilihan yang baik jika piano tidak muat ditempatkan di dalam rumah.
Pada akhirnya, alasan sebenarnya untuk belajar piano adalah karena piano sangat indah. Elegan dan tidak tertandingi oleh instrumen lainnya, baik piano upright maupun piano grand. Seorang calon musisi yang sedang memutuskan untuk memiliki instrumen musik dapat memilih piano sebagai pilihan yang tepat dan memulaibelajar piano.

sumber : http://www.rumahpiano.com/belajar-piano/

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More